Sistem Informasi

WALI-SIADIK

Sistem Informasi Akademik (pada laman http://akademik.walisongo.ac.id) mengelola data akademik mahasiswa (seperti pengambilan mata kuliah, input nilai) sekaligus mengelola administratif akademik dan pengajaran (seperti Perwalian dan Jurnal Perkuliahan). [2014]
Pengembangan Sistem Informasi Akademik. Implementasi Walisiadik yang telah dilakukan sejak tahun 2014 memerlukan pengembangan sebagai bentuk evaluasi serta adaptasi terhadap kebutuhan proses bisnis institusi yang terus berkembang. Oleh karena itu, pengembangan Walisiadik pada tahun 2018 fokus pada pembaharuan mekanisme administrasi penjadwalan, perluasan akses Walisiadik pada bagian/unit terkait, penyajian data akademik terintegrasi (infografis) sebagai pendukung dalam pengambilan keputusan. Infografis data akademik tersedia pada laman https://data. walisongo.ac.id/ [2018]

TEOFL IMKA

Pengembangan Sistem Pendaftaran Tes TOEFL dan IMKA untuk mahasiswa D3, S1, Pascasarjana dan Umum. Sistem ini dibangun guna meningkatkan mutu layanan penyelenggaraan Tes TOEFL dan IMKA oleh Pusat Pengembangan Bahasa. Sistem mengakomodasi pengelolaan administrasi tes meliputi pendaftaran tes secara online, alokasi waktu dan kelas tes, perekaman hasil tes serta pelaporan hasil tes secara terintegrasi pada Sistem Tugas Akhir. Layanan pendaftaran Tes TOEFL dan IMKA tersedia pada laman https://sim-ppb.walisongo.ac.id/ dan https://simpps-ppb.walisongo.ac.id/ [2018]

SIMPEG

Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG). Pengelolaan data sumber daya manusia yang selama ini dilakukan dengan aplikasi nasional dirasa sangat terbatas. Oleh karena itu, pada tahun 2018 dilakukan pengembangan sistem informasi kepegawaian sebagai basis pengelolaan data kepegawaian sekaligus sebagai implemantasi semangat penunggalan data (one entry for all datasebases) di lingkungan UIN Walisongo Semarang. Sistem pengelolaan sumber daya manusia ini dapat diakses pada laman http://simpeg.walisongo. ac.id/ [2018]

SIDOKU

Pengembangan Sistem Dokumentasi dan Informasi Hukum (SIDOKU). Ketersediaan layanan akses terhadap produk hukum sebuah merupakan salah satu bentuk keterbukaan informasi publik. SIDOKU merupakan sistem pengelolaan dan layanan akses produk hukum UIN Walisongo yang tersedia bagi civitas akademik dan masyarakat umum. Layanan SIDOKU tersedia pada laman http://sidoku. walisongo.ac.id/ [2018]

SSO

Pengembangan teknologi Single-sign-on (SSO). Teknologi SSO berbasis pada fitur autentikasi bagi pengguna sehingga cukup dengan satu akun, pengguna mendapatkan izin akses terhadap semua ragam layanan dalam suatu jaringan berskala besar, heterogen dan multi platform. Layanan ini tersedia pada laman http://sso.walisongo.ac.id. [2018]

H2H

Host to Host adalah sistem pembayaran dimana calon mahasiswa dan mahasiswa dapat langsung membayar biaya pendidikannya secara online via ATM dan kanal pembayaran lainnya dari bank yang bekerja sama dengan IAIN Walisongo (read: UIN Walisongo). Sistem IAIN Walisongo (read: UIN Walisongo) akan berhubungan langsung dengan bank melalui switcher sehingga proses pembayaran dan pencatatannya dapat berlangsung secara real time.
Sebagai lembaga penyelenggara pendidikan Agama Islam negeri di Indonesia, IAIN Walisongo Semarang (read: UIN Walisongo Semarang) telah melakukan kemudahan dalam sistem pembayaran biaya pendidikan, dengan menyediakan sistem pembayaran secara on-line (online payment), sehingga pembayaran atas Biaya Pendidikan tersebut dapat dilakukan di seluruh Bank yang ditunjuk oleh IAIN walisongo (read: UIN walisongo), dalam hal ini bank Tabungan Negara (BTN) seluruh Indonesia. [2012]

Pengembangan Sistem Transaksi BLU Berbasis H2H bekerja sama dengan Bank Jateng Syari’ah sebagai mitra. Sistem Transaksi BLU mengelola transaksi sewa aset dan layanan jasa BLU seperti sewa wisma, gedung serba guna, alat transportasi, layanan Poliklinik dsb. Melalui H2H, pembayaran dapat dilakukan melalui bank dan sistem elektronik ATM. Sistem diakses pada laman http://blu.walisongo.ac.id [2016]

WALI-SIADIK PASCA

Pengembangan Sistem Informasi Akademik untuk Pascasarjana pada laman http://akademik-pasca.walisongo.ac.id. [2016]

SITA

Pengelolaan data ujian komprehensif dan ujian munaqasah pada laman http://tugasakhir.walisongo.ac.id. Melalui, sistem ini, pengelolaan pendaftaran ujian komprehensif dan munaqasah oleh Fakutas/Prodi dilakukan secara elektronik meliputi pendaftaran, penentuan penguji, penentuan jadwal dan input nilai. [2016]

SI-KKN

Sistem Informasi KKN yang dapat diakses pada laman http://kkn.walisongo.ac.id. Melalui sistem ini, seluruh rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata dikelola secara elektronik mulai dari pengelolaan persyaratan, pendaftaran, pengelolaan data lokasi dan data nilai KKN. [2016]

LP2M-SIPP

Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Sistem diakses pada laman http://lp2m-sipp.walisongo.ac.id. Melalui sistem ini, pengolahan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat oleh LP2M dilakukan secara elektronik meliputi pendaftaran, review, penilaian dan pengolahan hasil kegiatan. [2016]

siABSENSI

Integrasi Absen Finger Print. Saat ini (read: tahun 2014), pengelolaan absen finger print dilakukan terintegrasi sehingga memungkinkan Dosen/Pegawai melakukan absen di semua mesin finger baik di kampus I, II maupun III. [2014]
Pengelolaan absensi pada laman http://absesnsi.walisongo.ac.id [2015]

BKD

Dukungan teknologi informasi dalam BKD online. BKD Online ( pada laman http://bkd.walisongo.ac.id) mengelola pelaporan kinerja Dosen dengan mengunggah dokumen kinerja dalam bentuk digital. Selain meningkatkanefektifitas pelaporan, BKD online mendukung ketersediaan dokumen akademik Dosen berbasis digital yang lengkap dan terstruktur secara periodik. [2014]
Dukungan teknis teknologi informasi penilaian kinerja dosen pada laman http://bkd.walisongo.ac.id [2015]

DataDiri

Pengelolaan Data Diri Mahasiswa dan Uang Kuliah Tunggal melalui laman http://datadiri.walisongo.ac.id. Pengelolaan data diri mahasiswa dan uang kuliah tunggal merupakan suatu sistem terpadu yang digunakan untuk mengelola data pokok mahasiswa, seperti identitas diri, identitas orang tua, data ekonomi, dan data prestasi, yang dilakukan dengan cara input data maupun upload dokumen digital secara online, dimana selanjutnya, data dan dokumen tersebut digunakan sebagai dasar penentuan kelompok UKT tiap mahasiswa. [2014]
Dukungan teknis teknologi informasi Pengelolaan Data Diri Mahasiswa dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada laman http://datadiri.walisongo.ac.id [2015]

siBidikmisi

Pendaftaran dan pengelolaan Bidikmisi secara Online melalui laman http://bidikmisi.walisongo.ac.id. Aplikasi mengakomodaasi pendaftaran dan upload dokumen bidikmisi oleh mahasiswa secara online serta verifikasi visitasi dan penentian kelulusan berbasis otomasi. [2014]
Dukungan teknis teknologi informasi pendaftaran dan pengelolaan Bidikmisi pada laman http://bidikmisi.walisongo.ac.id [2015]

siJournal

Journal Ilmiah yang dikelola pada laman hrrp://journal.walisongo.ac.id [2015]

SimPeg

Sistem Informasi Kepegawaian. Sistem Informasi Kepegawaian digunakan untuk mengelola data pegawai dan dosen yang meliputi pengelolaan data pokok pegawai, riwayat penempatan atau mutasi, status pegawai, dan dokumen pegawai dalam bentuk digital (ijazah, photo, SK dsb). [2014]
Dukungan teknis teknologi Sistem informasi kepegawaian pada laman http://simpeg.walisongo.ac.id [2015]

PMB Online

Pada tahun 2013, penerimaan mahasiswa baru (PMB) dilakukan melalui beberapa jalur, diantaranya jalur mandiri. Pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur mandiri dikelola secara online mulai pendaftaran dan pembayaran melali bank, pengelolaan ujian masuk, pengumuman hingga proses registrasi. Pengelolaan PMB online tersedia melalui http://pmb.walisongo.ac.id. [2013]

Sumber:
[2012] Laporan Tahunan Rektor 2012 halaman 19-22
[2013] Laporan Tahunan Rektor 2013 halaman 30-32
[2014] Laporan Tahunan Rektor 2014 halaman 39-40
[2015] Laporan Tahunan Rektor 2015 halaman 37-38
[2016] Laporan Tahunan Rektor 2016 halaman 41-42
[2018] Laporan Tahunan Rektor 2018 halaman 46-47